Yuk Mengenal Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream

Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream

Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream – Es Krim merupakan salah satu camilan ringan yang bisa dibilang banyak varian nya,baik dari segi rasa, bentuk hingga tekstur. Sekilas memang tidak ada yang berbeda, karena antara es krim yang satu dengan yang lain mempunyai kesamaan yang cukup ikonik yakni sama-sama Dingin :D. Nah hal itulah yang mendasari mengapa di namakan es krim karena memang camilan ini dingin seperti es dan di buat melalui proses pendinginan dengan suhu tertentu.

soft ice cream dan hard ice cream

Tapi tahukah anda bahwasanya es krim itu di bagi kedalam 2 jenis, ya es krim terdiri dari 2 jenis berbeda yakni Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, karena perbedaan yang paling mencolok dari kedua golongan es krim ini terletak pada teksturnya. Sesuai namanya jika kita paham Bahasa inggris maka bisa di pastikan es krim di bagi kedalam 2 kategori yakni yang bertekstur Lembut dan bertekstur Kasar.

Kedua jenis tekstur inilah yang membedakan antara es krim yang satu dengan yang lainnya. Contoh sederhana adalah es krim Gelato dan Cone, dari segi rasa sama-sama mengusung tema manis dan dingin, namun dari segi tekstur tentu berbeda jauh. Gelato terbuat dari bahan dasar Susu yang dominan, di olah sedemikian rupa hinga teksturnya sangat lebih kasar dan padat. Sedangkan Cone menggunakan teknik khusus dengan bahan dasar Susu dan air menjadikannya kuat pada sisi rasa dan tekstur yang lebih lembut

Seperti yang di kutip dari website Wiratech mengenai perbedaan Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream :

“Pada Soft Ice Cream kadar susu dan lemak yang dimiliki lebih rendah dibandingkan hard es krim dan diproduksi dengan suhu tinggi. Komposisi udara yang dihasilkan membuat es krim dengan varian ini lebih lembut. Kandungan air yang terdapat berisi anatara 0%-60% dari total volume pada es tersebut. Es krim gelato atau varian jenis hard ice cream ini mempunyai kandungan lemak berkisar 7-8 persen yang terbuat dari susu, gula, kuning telur dan air.”

Untuk teknik pembuatan sendiri bisa di lakukan secara manual atau dengan menggunakan Mesin ice Cream khusus. Untuk cara lebih sederhana bisa di lakukan secara konvensional dengan alat-alat dapur rumahan, tetapi pada prosesnya jauh lebih sulit dan cukup lama di lakukan. Sedangkan dengan metode modern bisa menggunakan mesin pembuat es krim professional. Mesin es krim sendiri terbagi atas 2 juga lho, untuk Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream. Maka sudah bisa di pastikan ke dua fungsi ini tentu berbeda jauh, maka hasil yang di dapatkan akan lebih baik karena sudah sesuai spesialisasinya.

Jika anda ingin membuka usaha es krim rumahan / restoran, anda bisa di pastikan harus mempunyai kedua jenis mesin es krim ini di dapur anda. Harga yang di patok untuk kedua mesin ini sendiri bisa dibilang terpaut cukup jauh, mesin hard ice cream di bandrol pada kisaran harga 8-9 juta rupiah..sedang kan untuk soft ice cream lebih mahal yakni 13-15 juta rupiah. Harga tersebut juga tidak mengikat mengingat semakin bagus brand yang dimiliki maka harganya di pastikan semakin mahal.

Nah jika Anda berminat untuk usaha es krim namun bingung mencari mesin es krim yang baik kualitasnya? Tenang kami menyediakan mesin es krim dengan berbagai kapasitas sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Silahkan kunjungi kategori mesin es krim pada website wiratech.co.id untuk mengetahui lebih detail mengenai produk mesin es krim kami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *