Cara Merawat Mesin Es Krim Agar Awet Tahan Lama

Cara Merawat Mesin Es Krim

Cara Merawat Mesin Es Krim – Mesin es krim adalah salah satu jenis mesin makanan otomatis yang mengolah es krim. Mesin ini memiliki peran penting dalam dunia restoran dan produsen es krim. Tanpa mesin ini, tampilan es krim kurang memuaskan. Selain itu, konsumen akan menilai bahwa produsen tidak profesional dalam mengolah es krim.

cara merawat mesin es krim

Pemanfaatan mesin saat ini menjadi prioritas produsen untuk menciptakan hasil lebih maksimal. Bagaimana tidak, mesin ini sangat membantu untuk mengefisienkan waktu dan tenaga para karyawan. Mesin es krim juga dapat menghasilkan produk es krim dengan takaran seimbang. Sebelum digunakan mesin ini dapat diatur terlebih dahulu untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Mesin  Es Krim 3 Kran ini memiliki berbagai jenis yang berbeda, mulai dari jenis yang membedakan banyaknya keran atau valve dan mesin es krim pan yang biasanya digunakan untuk membuat es krim groreng. Sedangkan untuk es krim lilin, Anda bisa memanfaatkan Mesin Popsicle. Semua mesin es krim disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meskipun penggunaannya yang instan, Anda juga harus memperhatikan kondisi mesin baik setiap mau digunakan, maupun setelah dioperasikan. Pengecekkan mesin tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas keutamaan mesin. Jika Anda mengabaikan pemeriksaan mesin, jangan heran mesin Anda akan cepat “merajuk”.

Mesin yang jarang dibersihkan selain kurang maksimalnya beroperasi juga akan meyebabkan karat pada bagian-bagian tertentu di dalam mesin. Hal-hal tersebut akan sangat berbahaya jika tercampur dengan olahan es krim. Belum lagi saat ini sempat terdengar mesin es krim diselimuti lumut karena tidak pernah dibersihkan. Itu akan sangat berakibat fatal untuk kesehatan konsumen.

Merawat mesin sangat bermanfaat untuk kita. Selain mempertahankan cara profesional produsen juga ikut menjaga kesehatan konsumen. Dengan demikian, produsen pun merasa puas karena es krim yang dijual tetap dijaga kualitasnya. Ada berbagai cara untuk Anda dalam merawat mesin agar tetap prima. Mari kita simak!

  1. Membersihkan part food grade setelah digunakan

Setelah digunakan, bagian distributor, seal valve, outlet valve, handle, baut press, pin lock, oil seal, dan water receiver wajib dibersihkan secara rutin. Tujuannya, agar mesin terlindungi dari bahaya kontaminasi yang masuk. Selain itu, juga mempertahankan kualitas es krim yang higienis agar aman dikonsumsi.

  1. Membersihkan fan cooling, kipas, dan bagian evaporator mesin

Membersihkan bagian ini harus dilakukan oleh teknisi atau operator yang memang ahlinya memperbaiki mesin es krim. Karena untuk membersihkan mesin ini harus membuka bagian kaper. Cara membersihkannya menggunakan kain yang lembut untuk menghilangkan debu yang menempel.

Bagian tersebut sangat penting dibersihkan karena berhubungan dengan sistem pendinginan mesin es krim otomatis. Jika banyak debu atau noda yang tidak dibersihkan akan memengaruhi proses pendinginan es krim, sehingga pembuatan es krim akan berlangsung lama.

  1. Memberikan grace oil secara teratur pada beberapa titik bagian

Greace oil atau krim minyak khusus dapat dioles langsung di beberapa bagian yang memiliki kontak langsung dengan bahan adonan es krim. Bagian-bagian tersebut meliputi beater, dan valve ring. Kedua jenis pelumas tersebut tidak berbahaya untuk pengolahan es krim dan bersifat netral.

Karena minyak tersebut berasal dari bahan minyak tumbuhan alami, tidak ada efek bahaya jika ternyata dikonsumsi secara tidak sengaja.

            Itu dia berbagai cara merawat mesin es krim yang dapat Anda lakukan sendiri. Untuk bagian-bagian yang sensitif, Anda bisa mengandalkan teknisi yang lebih mengerti cara membersihkan atau merawat mesin es krim. Dengan melakukan perawatan yang rutin, kemungkinan buruk yang seperti karat dan timbulnya lumut pun dapat teratasi.

            Karat dan lumut merupakan jenis noda atau korotan yang sangat mempengaruhi kualitas rasa es krim. Tidak hanya rasa, hal tersebut dapat menyebabkan datangnya bakteri dan akhirnya bisa masuk ke tubuh manusia. Jika sudah telanjur, siapa yang bisa disalahkan? Ya tentu produsen es krim yang harus bertanggung jawab. Nah, untuk meminimalisir kondisi tersebut terjadi, maka lakukanlah perawatan secara rutin.

            Memilih cara profesional dengan menggunakan mesin memang baik untuk produsen. Konsumen memang tidak mengetahui bagaimana proses pengolahan es krim, cara merawat mesin es krim, dan tingkat kebersihan mesin, namun sebagai produsen yang bertanggung jawab ada baiknya selalu menjaga hal-hal sederhana tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

            Jika konsumen sudah dibuat kecewa sekali dengan tindak produsen yang tidak profesional, tentu sulit untuk mengembalikan kepercayaan konsumen kepada produsen. Keduanya mungkin tidak menginginkan kondisi tersebut terjadi. Oleh karena itu, optimalkan pengoperasian mesin Anda yaa!

Es krim sendiri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. produk susu yang kaya akan kalsium dalam es krim untuk memperkuat tulang dan meningkatkan energi tubuh. Selain itu, es krim juga dapat menurunkan berat badan. Suhu dingin dalam es krim dapat membakar kalori serta lemak.

Masih banyak manfaat es krim lainnya yang harus Anda ketahui. Nah, untuk menjaga manfaat tersebut agar tetap seimbang salah satunya dengan memperhatikan kebersihan mesin es krim. Jadi, jangan malas ya untuk merawat mesin agar manfaat es krim tetap bertahan dan jauh dari bakteri yang menempel.

 

 

(Zakiah)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *